Professional Writing and Publishing


PosterSEBAGAI pendidik, akademisi profesional dan Dosen, sudah pasti memiliki pengetahuan dan wawasan yang baik. Hanya saja, tidak semua pendidik, terlebih akademisi berhasil mencatatkan gagasannya dalam bentuk tulisan, baik itu berupa artikel populer untuk media massa, buku dan riset reflektif (makalah, prosiding, jurnal). Kecakapan wawasan menjadi modal utama dalam menulis. Memiliki keterampilan menulis sangat bermanfaat dalam meningkatkan profesionalisme akademik. Disamping juga sebagai alat personal branding yang luar biasa dan meningkatkan jenjang karir serta eksistensi personal.

Dengan demikian, pengetahuan untuk penulisan profesional dan cara-cara mempublikasikannya, masih perlu untuk disosialisasikan khususnya kepada kalangan pendidik, Guru, Dosen dan penulis muda, bisa juga mahasiswa/i, tidak terkecuali bagi khalayak umum. Hal ini akan menjadi spirit tersendiri untuk diselenggarakannya kegiatan “Professional Writing & Publishing” di Seminar Hall Dinas Komunikasi dan Informatika, Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Kegiatan yang akan diselenggarakan oleh The Centre for Media Gender and Democracy (CMGD), dengan dukungan Unit Kegiatan Mahasiswa Pers “Aksara”, Telkom University, akan menghadirkan motivator menulis, fasilitator, redaktur media massa, editor penerbit, dan penulis buku. Dengan demikian, para peserta diharapkan mampu menghasilkan karya serta menginspirasi generasi selanjutnya melalui tulisan.

CMGD merupakan lembaga non-profit yang dikelola oleh para profesional muda dari kalangan peneliti, penulis, juga Dosen Telkom University, mengajak semua kalangan untuk turut serta dalam mendukung kegiatan ini, sekaligus menularkan ide-ide kreatif untuk pembangunan dan pengembangan kapasitas akademisi profesional pada umumnya.

Fasilitator

arulDr. Rulli Nasrullah, M.Si, adalah Doktor Cyberculture dari Program Studi Kajian Media dan Budaya, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Telah menulis lebih dari 100 buku dan di antaranya best seller. Kang Arul, setidaknya menjadi penulis produktif karena berlatar Jurnalis di beberapa media ternama, seperti Grup Kompas, Gatra dan Lain-lain. Saat ini, menjabat sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Pengembangan Studi dan Informasi (LPSI), juga berkesibukan sebagai konsultan Media dan PR Cybermedia Persada. Selebihnya, ia mengajar sebagai Dosen tetap di Universitas Islam Negeri Jakarta, dan beberapa Universitas lainnya.

dediDedi Kurnia Syah Putra, menempuh pendidikan Doktoral di Media dan Diplomasi Politik, Universitas Sahid Jakarta. Telah menulis ratusan artikel di media cetak. Beberapa karya buku yang telah ia hasilkan di antaranya, Hirearki Politik Media (Jakarta: Puskomb UMB, 2011). Komunikasi dan Integritas Politik (Jakarta: Aspikom, 2012). Media dan Politik. (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012). Refleksi Jurnalisme Politik. (Jakarta: UBL, 2014). Komunikasi CSR Politik. (Jakarta: Kencana, 2015). Dan Interaksi Lintas Budaya. (Jakarta: Prenada, 2015). Pernah bekerja di Harian Politik Rakyat Merdeka dan Staf Menteri bidang Media Relation di bawah biro Humas, Kementerian PPN/Bappenas. Saat ini dipercaya sebagai Direktur Eksekutif The Political Reform Institute.


Leave a Reply