Parka: Identitas Budaya Global


Oleh Bethary Estetika, Yanisa Sukma Andarsih

betharisukmaGencarnya arus globalisasi menyebabkan majunya daya pikir manusia semakin berkembang terutama dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi (komunikasi) sehingga lahirlah modernisasi yang telah banyak mengubah pola hidup masyakarakat. Di era globalisasi telah masuk aspek-aspek secara mendunia, yaitu mulai dari makanan, busana/fashion, budaya sampai dengan media komunikasi dan informasi sehingga manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa menolak adanya pengaruh yang datang dari berbagai belahan dunia.Salah satu contoh modernisasi yang terjadi adalah masuknya trend busana barat di Indonesia.

Perkembangan trend busana saat ini sudah tidak bisa dibatasi khususnya bagi remaja semuanya dengan mudah masuk  melalui media massa dan media cetak yang kemudian diserap. Pengaruh tersebut tumbuh menjadi suatu budaya populer yang tercipta dalam kehidupan masyarakat dimana dalam pengaktualisasiannya mendapat dukungan dari penggunaan perangkat berteknologi tinggi, sehingga dalam penyebarannya begitu cepat, tepat  serta menuai respon. Didukung adanya global akses memberikan kemudahan untuk mencari informasi perkembangan busana/fashion masa kini. Busana tidak lagi berfungsi sebagai penutup tubuh melainkan menjadi pelengkap modis dalam kehidupan.

 

 

Arus Kultural Transnasional

Arus globalisasi yang menerjang ke berbagai negara termasuk Indonesia dalam waktu bersamaan dengan hadirnya kecanggihan teknologi telah banyak membantu dalam penyebarannya. Hal ini didukung dengan adanya fenomena yang ditemukan oleh penulis pada Koran Kompas, Jumat, 29 Januari 2016 dengan judul Parka Pelengkap Modis Untuk Eksis. Pada dasarnya semua bangsa dan masyarakat di dunia ini senantiasa terlibat dalam proses globalisasi, meskipun kecepatan dan arah perubahannya berbeda – beda. Proses globalisasi sangat luas, hampir tidak dapat dibatasi. Kenyataan ini berimplikasi pada perubahan diberbagai aspek salah satunya adalah busana. Berbicara mengenai pakaian maka akan erat kaitannya dengan dunia fashion.

Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer seperti busana, sepatu, atau aksesoris. Mode merupakan referensi untuk sesuatu yang trend saat ini dalam tampilan dan gaya yang berlaku dalam perilaku seseorang. Terfokus pada fashion tentang fungsi pakaian, saat ini pakaian tidak hanya menjadi alat untuk melindungi tubuh dari pengaruh udara sekitarnya, tetapi merupakan sarana untuk mengekspresikan diri bagi pemakainya yang telah menjadi kebutuhan gaya hidup. Perkembangan busana yang makin pesat, dan siklus mode berputar silih berganti, mode busana yang diterima oleh masyarakat akan menjadi trend busana, sedangkan mode yang tidak diterima akan diabaikan begitu saja.

Modernisasi teknologi, membawa dampak yang hebat pada aspek busana. Modernisasi fashion atau busana, dapat diartikan sebagai perubahan suatu budaya dalam arti kebiasaan seseorang yang tradisional menjadi lebih modern atau mengikuti perubahan jaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia khususnya remaja banyak yang berkiblat pada fashion barat. Trend busana barat memang sudah terlanjur menjadi bagian dari busana masyarakat Indonesia dan tidak mungkin untuk di hilangkan lagi.  Modernisasi di bidang fashion, berlangsung sangat cepat bersamaan dengan perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi yang semakin mengglobal, membuat gaya busana cepat berkembang, sehingga mode yang sedang digemari di negara lain dapat segera diadopsi juga oleh remaja di Indonesia melalui modernisasi di bidang teknologi yaitu internet yang menempati posisi penting selaku agen budaya. Keberadaan internet memudahkan para pecinta fashion untuk mengembangkan segala ilmu tentang fashion yang sebagian besar berkiblat dan mengadopsi dari negara barat. Sehingga tidak ada lagi batasan-batasan penggunaan pakaian di berbagai belahan dunia.  Kemudahan global akses untuk menelusuri informasi-informasi tentang fashion yang terus berkembang telah mengalihkan fungsi pakaian sebagai alat pelindung tubuh. Kegunaan pakiaan kini tidak lagi dilihat berdasarkan dengan fungsi dan tempatnya akan tetapi pakaian telah menjadi salah satu aksesoris yang dijadikan sebagai pelengkap modis.

Di kalangan remaja fashion merupakan bagian dari kebutuhannya sebagai ajang untuk eksistensi diri. Remaja adalah masa yang labil dan sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal baru dalam kehidupannya, hal inilah yang menyebabkan begitu cepatnya proses penyebaran budaya populer dalam kehidupan mereka. Perkembangan fashion, model busana, rancangan pakaian dan gaya kostum di Indonesia sudah sampai dititik mengesankan, Ini bisa dilihat dengan begitu maraknya penjual dan berbagai iklan gaya fashion, mulai dari peragaan busana, blogger fashion, dan berbagai online shop yang menjual jenis dan  model  trend pakaian yang bervariatif.  Ini menunjukkan betapa masyarakat sekarang sudah sangat menyadari akan kebutuhan fashion yang lebih dari sekedar berpakaian, tapi juga bergaya trendi. Berdasarkan pemaparan diatas penulis merasa perlu adanya kajian tentang Proses Penyebaran Budaya Populer Dikalangan Remaja Indonesia.

Perkembangan lifestyle saat ini terjadi dengan pesat. Ini semua pengaruh dari budaya populer yang menyebar dan membentuk westernisasi yang mengakibatkan adanya modernisasi di Indonesia. Westernisasi merupakan sikap meniru dan menerapkan unsur kebudayaan barat. Perubahan yang paling mencolok salah satunya adalah fashion. Seperti yang  diketahui bahwa masa remaja adalah masa peralihan dimana mereka sedang mencari jati diri yang sesungguhnya. Oleh karena itu, mereka selalu mencari dan mengikuti trend yang ada agar tidak dinilai ketinggalan jaman, dan ingin dianggap bagian dari suatu kelompok.

Westernisasi tidak terlepas dari perkembangan jaman, karena Indonesia merupakan negara berkembang jadi jika ada sesuatu yang baru kita akan berusaha untuk mencoba. Kalau kita mau maju, kita memang harus mengetahui dan memahami perkembangan yang sedang terjadi. Kalau tidak, kita bisa ketinggalan. Hal ini menunjukkan adanya suatu dependensi terhadap trend fashion negara barat yang selalu menjadi kiblat.

Sebagai masyarakat global memang harus siap menghadapi berbagai pengaruh dalam beberapa aspek yang akan merubah kehidupan sosial. Namun jadilah masyarakat global yang tidak selalu bergantung pada perkembangan negara maju, meskipun  adanya modernisasi dan westernisasi tidak selalu membawa dampak negatif namun dalam aspek fashion ternyata membawa banyak keuntungan atau dampak positif contohnya mendatangkan peluang bisnis dibidang fashion yang kini banyak diminati oleh remaja, up to date , terlihat cantik dan indah, enak dipandang, pakaian yang simple membuat kita nyaman, tidak terlihat ribet dalam berbusana.


Leave a Reply