Komunikasi Tinjauan Kritis


10686907_10200527135098618_5378805878827925478_nSEJALAN dengan catatan sejarah panjang studi Ilmu Komunikasi, dan seiring terjadinya transformasi sosial dalam masyarakat. Komunikasi, terus menerus mendapat asupan dari keberagaman keilmuan diberbagai bidang, dalam tulisan ini komunikasi bersinergi dengan tatanan kajian Politik, yakni: Demokrasi.

Pergeseran sejarah, dinamika perkembangan tersebut turut mempengaruhi paradigma berpikir, juga struktur masyarakat terbawa serta dalam perkembangan. Kajian Komunikasi merupakan salah satu perbincangan kritis disebut-sebut mempengaruhi tatanan sosial masyarakat, sebagaimana yang telah dicetusan oleh Karl H. Marx (1818-1883), yang kemudian disebut Marxisme.

Salah satu pemikir komunikasi abad modern Everet M. Rogers, sebagaimana di-sitat oleh Stephen W. Littlejohn dalam Theories of Human Communication, sejak abad ke-20 ajaran Karl Marx telah memengaruhi hampir semua cabang Ilmu Sosial, meliputi Sosiologi, Politik, Ekonomi, Sejarah, Filsafat dan termasuk di dalamnya Ilmu Komunikasi. Pengaruh Marx dalam kajian komunikasi terutama bersumber dari analisisnya mengenai industri kapitalis di mana terjadi pertentangan antara kaum proletar dan borjuis. (Littlejohn, 2001: 210).

Lebih lanjut Marxisme diadopsi oleh beberapa kelompok intelektual untuk menganalis masyarakat kapitalis modern. Dari pergumulan tersebut lahirlah beberapa perspektif kritis dalam kajian komunikasi, diantaranya; Cultural Studies, Teori Ekonomi Politik Media, Mazhab Frankfurt, hingga Hegemoni Gramsci. Berbagai perspektif tersebut kemudian terbagi dalam tradisi marxis-materialis yang menekankan faktor ekonomi, sebagian lainnya berusaha menjelaskan selubung ideologi (superstruktur) dalam komunikasi.

Jika ditinjau secara teori, salah satu ajaran Karl Marx menjelaskan relasi antara basis dan superstruktur (base-superstructure). Basis material bagi Karl Marx adalah kegiatan manusia yang bernilai ekonomi atau produktifitas kerja. Sementara superstruktur merupakan nilai dari Ideologi, Ilmu, Filsafat, Hukum, Filsafat, Politik, dan Seni. Secara filosofis, dapat disederhanakan bahwa basis adalah Ontology, sedang superstruktur bagian kolaboratif dari Epistheme dan Ethic. Di antara dua entitas tersebut –basis dan superstruktur- yang dominan dan menentukan adalah basisnya. Superstruktur juga biasa disebut sebagai refleksi dari basis (Budi Hardiman, 2004: 241).

Kata Marxisme dipopulerkan oleh Friedrich Engels (1820-1895). Marxisme sebenarnya mengandung interpretasi yang sangat luas. Hal ini disebabkan karena Marxisme selain merujuk langsung kepada pemikiran Karl Marx, juga karena Marxisme pada perkembangannya telah menjadi payung sekaligus identitas bagi sederet dinamika pemikiran kritis yang berada di bawah pengaruh Karl Marx.

Pemikiran Kritis Marx membawanya dalam ide utopis, ia melihat dalam masyarakat kapitalis dimana hak milik atas alat-alat produksi dikuasai oleh beberapa elitis borjuis. Dalam kondisi seperti inilah yang membuat Marx menolak segala bentuk kapitalisme. Individu-individu yang tertindas itu akhirnya merasakan keterasingan karena tidak memiliki hak milik atas barang. Bahkan menurut Marx individu bukan saja terasing dari lingkungannnya tapi juga dari barang yang diciptakannya (McLelland, 1977: 78).[]

*untuk membaca versi lengkap dapat diajukan melalui [email protected]


32 responses to “Komunikasi Tinjauan Kritis”

  1. Definisi komunikasi berdasarkan ‘5 Key Term in defining communication’, menurut saya adalah sebagai berikut:

    Komunikasi merupakan proses pengolahan dan penyampaian simbol-simbol (huruf, kata, gambar, dll) oleh sender kepada receiver menjadi sebuah pesan yang bermakna dan terjadi melalui interaksi sosial, dimana proses penyampaian pesan tersebut sangat dipengaruhi faktor lingkungan (misalnya: saat penyampaian pesan situasi di sekitar sender dan receiver sangat bising sehingga makna yang ditangkap oleh receiver berbeda dengan yang dimaksud oleh receiver).

  2. Hannika Fasya / Marcomm 38-01 / 1502144020 :
    Komunikasi merupakan sebuah proses penciptaan makna dari sebuah interaksi antara komunikator dengan komunikan baik verbal maupun non verbal atau symbol melalui media, yang dilakukan di lingkungan social yang pada akhirnya mendapatkan feedback atau respon baik positif maupun negative.

  3. Komunikasi adalah proses penafsiran makna yang dipengaruhi oleh lingkungan yang bersifat pasif dan keterlibatan interaksi antar individu sehingga makna tersebut dapat ditafsirkan melalui symbol (Vega Febriana/1502144052/MC-38-01)

  4. Komunikasi merupakan sebuah proses berupa interaksi antara individu dengan lingkungannya dan menghasilkan sebuah arti yang terbentuk melalui simbol-simbol.
    -Cut Tuleut Zubaidah.1502140268.MC3801-

  5. Tinka Fakhriana 1502148009 : Komunikasi adalah suatu simbol yang awal terbentuknya dari adanya sebuah meaning yang mengalami proses, dimana dalam proses tersebut ada pengaruh dari keadaan lingkungan alam dan sosial.

  6. komunikasi : suatu proses bentuk penyampaian transmisi sebuah pesan berisi informasi yang dilakukan dua orang atau lebih, baik secara verbal maupun non verbal yang menghasilkan kesamaan makna

  7. Nia Maesaroh (1502140065) kelas MC38-01
    Ilmu Komunikasi menurut saya ialah suatu penyampaian pesan yang terdiri dari simbol-simbol yang membentuk pengertian (meaning) dengan melalui proses tertentu kepada seseorang sebagai bentuk kehidupan sosial didalam suatu lingkup lingkungan tertentu.

  8. definisi komunikasi: Komunikasi adalah proses menyampaikan dan menerima pesan melalui media-media komunikasi. Pesan dalam proses komunikasi bisa jadi verbal maupun nonverbal yang dikirimkan melalui media-media komunikasi. Selama terjadinya proses komunikasi, pesan yang disamaikan dan diterima bisa saja mengalami distorsi yang disebabkan oleh berbagai gangguan (noise) yang bersumber dari banyak hal seperti lingkungan, keadaan jasmani, dan lain-lain. Proses komunikasi pada dasarnya bertujuan untuk menyampaikan ide maupun gagasan dan juga sebagai upaya untuk mempengaruhi lawan bicara dan merubah perilaku nya.titk keberhasilan dari sebuah proses komunikasi dapat terlihat dari feedback yang didapatkan saat dan setelah proses komunikasi dilakukan.

  9. Komunikasi adalah cara individu atau kelompok menyampaikan sebuah gagasan dengan menggunakan media tertentu guna mencapai tujuan tertentu yang sesuai dengan keinginannya.

  10. Telkom University “Wigo Mardana Pinky Mayo-MC 01”
    Definisi Komunikasi
    Komunikasi adalah menyamakan persepsi yang komunikatif dengan interaksi sosial melalui kebiasaan dan budaya yang menghasilkan simbol.

  11. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi, gagasan, arti dan lain-lain melalui seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (baik dalam bentuk kata-kata dan simbol-simbol berupa gambar, angka dan lain-lain) yang dipengaruhi oleh lingkungan, social, dan lain-lain dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).

  12. Teori kritis selain dari marx yaitu dari hegel.
    Komunikasi kritis memang perlu. Karena hal ini merupakan sebuah pembelaan diri sendiri dari orang lain dan mengungkapkan hak sebagai manusia untuk berpendapat. Jika Teori komunikasi kritis dalam lingkup publik relation adalah komunikasi yang Menjaga suatu Citra perusahaan dalam menghadapi kritis yang ada. Sebagai contoh dalam film thank you for smoking.

  13. Komunikasi adalah proses memilih dan mengirimkan informasi berupa simbol verbal maupun nonverbal dari satu sumber ke sumber lainnya dengan tujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat ataupun perilaku sesuai dengan situasi yang berlaku.
    -Devi Oktaviani- (MC 38-01) (1502144291)

  14. Menurut saya komunukasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepihak lain agar saling mempengaruhi di kedua belah pihak. Komunikasi bisa terjadi apabila ada interaksi atau penyampaian pesan untuk mewujudkan terjadinya komunikasi yang dituju

  15. Komunikasi : adalah sebuah proses pengiriman pesan dari pengirim pesan ke pnerima pesa n melalui media media, dan memiliki hambatan hambatan. Komunikasi juga sebagai sesuatu yang sangat penting di kalangan masyarakat.

  16. Komunikasi adalah penyampaian pesan yang memiliki arti serta melibatkan interaksi sosial dimana terdapat proses dalam penyampaiannya dengan menghasilkan simbol, dan terdapat konteks (lingkungan) disaat pesan disampaikan maupun diterima.

    Pitthauly Haomasan
    Marcomm’14 – kelas 01
    1502140162

  17. menurut saya komunikasi adalah sebuah pesan berupa informasi yang dilakukan oleh seseorang untuk menyampaikan maksut dan tujuan, kepada si penerima pesan tersebut dengan harapan terdapat efek atau timbak balik dari si penerima pesan tersebut.

    Nabila Safitri – 1502140051 – KM 38 MC 1

  18. Sarah Fuji Ghassani. 1502144147. MC-1

    Komunikasi merupakan proses penyampaian suatu pesan berupa verbal dan nonverbal. Komunikasi yang baik dan positif dapat menjadikan kita sebagai manusia yang efektif dalam berkomunikasi.

  19. Komunikasi menurut saya adalah bentuk kegiatan bertukar informasi diantara 2 subjek atau lebih dan dbiasanya berbicara,melafalkan,dan menyampaikan suatu pesan atau bahasa tubuh. dan subjek lainya mendengarkan pesan atau menebak bahasa tubuh tersebut dan menginterprestasikannya , baik melalui visual , audio maupun audiovisual

    Allan Dharma Saputra
    1502140022 / KM38-MC1

  20. Pengertian kommunikasi menurut saya, Suatu proses interaksi antar individu ke individu maupun antar kelompok untuk menyampaikan informasi berupa pesan, gagasan, ide yang bertujuan dapat di terima/di mengerti oleh komunikan.

  21. Definisi Komunikasi suatu interaksi antara 1 orang ke orang lain ataupun lebih yang dapat di lakukan dimana saja baik secara verbal maupun non verbal.

    Jade putra raihan
    1502144202
    KM 38 MC1

  22. Komunikasi adalah sebuah pesan yang di kirimkan kepada seseorang melalui media tertentu dan bermaksud dengan mendapatkan timbal balik dari orang tersebut. (Fatly Maynargi_1502140057_km 38mc01)

  23. Definisi komunikasi adalah suatu proses penyampaian stimulus dalam bentuk kata-kata, simbol-simbol, informasi atau gagasan dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang.

  24. komunikasi adalah suatu kegiatan penyampaian informasi yang dilakukan oleh komunikator secara langsung maupun tidak langsung menggunakan media/medium kepada penerima informasi atau komunikan disertai adanya gangguan-gangguan, bisa berasal dari lingkungan atau diri sendiri yang bertujuan untuk menyamakan persepsi.

  25. Komunikasi menurut saya adalah proses penyampaian pesan/informasi melalui media kepada penerima untuk mempengaruhi pemikiran mereka dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

    Randhitya

  26. Komunikasi adalah pesan yang dikirimkan olen komunikator ke komunikan melalui suatu media dengan adanya timbal balik (feedback) -Muhammad Abbi Yafi 1502140097 KM38-MC1

  27. Komunikasi adalah suatu proses timbal balik penyampaian pesan,pikiran,perasaan antara dua orang atau lebih, baik secara verbal maupun non-verbal dengan memiliki tujuan tertentu.

Leave a Reply